Ghost writer

Emang ada jurig penulis?
Yeee.. maksudnya bukan itu, ghost writer itu artinya manusia (juga) yang menulis untuk orang lain.
kayak surat yah? yang kita tulis terus kita kirim ke orang lain, gitu?
ahh… koq ga ngarti juga sihh… gini, ghost writer biasanya juga merupakan profesi (terutama di barat), tugas ghost writer hanya menulis sesuai pesanan. jadi dia akan menulis tentang sesuatu yang yang dipesen oleh pengguna jasanya, yang biasanya adalah para pejabat yang gak punya waktu buat nulis. tapi gak sembarangan orang bisa dipercaya buat jadi ghost writer. biasanya, pejabat yang ingin memakai jasa ghost writer ini udah paham betul karakteristik dari sang penulis, merasa cocok, lalu deal dehh…contoh kasusnya adalah pidato kenegaraan presiden, biasanya menggunakan jasa ghost writer.

nah by the way, on the way, bus way…
kemaren aku juga dapet pesenan tulisan (dari temen yang lagi in love). selembar penuh tulisan berisi ungkapan perasaan dia (temenku) ke targetnya. tapi kata-katanya aku yang ngarang ditambah sebuah puisi yang diakui sebagai ciptaannya.
aku juga heran, kenapa kok aku yang dipilih, padahal belum sekalipun aku nyoba ngungkapin perasaanku kepada someone melalui kata-kata diatas kertas. ya, aku ga PD jugha alih-alih diterima malah ditolak mentah-mentah gara-gara tulisan yang gak jelas maksudnya.

tapi ya sutralah… aku seneng juga ada yang mengakui tulisanku meskipun masih kelas ecek-ecek. siapa tahu, yaa who’s know? kalo suatu saat pengakuan itu lebih luas… ameennn…

Tinggalkan Balasan

